6 Agustus 2016

5 Pembukaan Olimpiade Paling Diingat

Olimpiade

BeritaDetik24 - Upacara pembukaan Olimipiade Rio de Janeiro, Sabtu (6/8/2016) selesai digelar. Upacara yang digelar di Stadion Maracana, Rio de Janeiro itu berlangsung meriah.

Sekiat 10 ribu atlet dari 207 kontingen peserta mengikuti parade atlet dalam upacara pembukaan tersebut. Beberapa kontingen pun berhasil mencuri perhatian.

Kontingen Indonesia jadi salah satunya. Tim Merah Putih menuai pujian berkat baju adat yang ditampilkan dalam parade tersebut. Keputusan mengenakan baju adat memang telah disampaikan Chief de Mission Indonesia, Raja Sapta Oktohari sebelum kontingen Indonesia berangkat ke Brasil.

Selain Indonesia, kontingen atlet pengungsi juga mendapat sambutan meriah. Kehadiran mereka dianggap sebagai pesan damai yang ada di Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

"Salam para atlet, Anda mengirimkan pesan harapan dari jutaan pengungsi di seluruh dunia. Di Olimpiade kali ini, kami tidak hanya menoleransi perbedaan, kami menyambut kalian sebagai elemen baru di dalam persatuan dan perbedaan," kata Predien Komite Olimpiade Internasional (IOC) Thomas Bach dalam pidatonya.

Upacara pembukaan ini mungkin bisa masuk ke dalam daftar lima upacara pembukaan Olimpiade yang paling dikenang. Ya, lima upacara Olimpiade berikut telah masuk ke dalam daftar upacara pembuka Olimpiade paling dikenang. Berikut lima upacara pembukaan tersebut seperti dilansir Saint Louis Post.

1. Olimpiade London 2012

Olimpiade London 2012

Britania Raya yang jadi tuan rumah betul-betul memaksimalkan semua hal yang dimiliki untuk membuat upacara pembuka Olimpiade 2012 tak terlupakan. Mulai dari Ratu Elizabeth hingga aktor komedi, Rowan Atkinson turut ambil bagian dalam upacara pembukaan.

Salah satu bagian yang cukup memorial adalah bagian film pendek yang menampilkan Ratu Elizabeth dan James Bond yang diperankan Daniel Craig. FIlm itu mengisahkan penjemputan Ratu Elizabeth oleh Bond alias Craig dari Istana Buckingham ke Stadion Olimpiade di kota London.

Bukan hanya itu, sejumlah band dan penyanyi papan atas asal Britania juga tak mau kalah memeriahkan upacara pembukaan ini. Band rock Queen, dan penyanyi Jessie J, bergantian menghibur para kontingen dan penonton upacara pembukaan.

2. Olimpiade Beijing 2008

Olimpiade Beijing 2008

Empat tahun sebelum Olimpiade London 2012, pecinta olahraga dan para atlet sudah disuguhkan pembukaan yang gegap gempita. Tiongkok sebagai tuan rumah benar-benar menjadikan upacara pembukaan sebagai ajang unjuk gigi kekayaan budaya mereka.

Sebanyak 2000 penggebuk drum memainkan Fou, instrumen asli Tiongkok. Selain itu, ada 18 ribu penampil yang dengan maksimal memainkan tarian khas Negeri Tirai Bambu.

3. Olimpiade Sydney 2000

Olimpiade Sydney 2000

Olimpiade pertama di milenium baru. Tari-tarian kolosal tampil mendominasi dalam pembukaan Olimpiade Sydney 2000. 

Salah satu tarian kolosal adalah tarian yang menampilkan tema kekayaan laut Australia. Tarian tersebut menampilkan seorang anak kecil yang bermain-main bersama spesies laut yang ada di Australia seperti ubur-ubur dan binatang lain yang bermukim di laut Australia.

Selain itu, tarian-tarian yang menampilkan para penunggang kuda juga ditampilkan dalam upacara pembukaan ini. Para penunggang itu beratraksi dengan melompati logo cincin yang jadi khas Olimpiade.

4. Olimpiade Los Angeles 1984

Olimpiade Los Angeles 1984

Sebanyak 90 ribuan orang memadati stadion Olimpiade di kota Los Angeles untuk menyaksikan pembukaan Olimpiade Los angeles 1984. 

Yang ikonik dari upacara pembukaan ini adalah aksi meluncur dengan alat peluncur bertenaga hidrogen. Pria yang memberanikan diri untuk meluncur tersebut adalah wIlliam Suitor.

"Itu benar-benar jadi pusat perhatian. Saya tidak pernah lepas landas seperti itu sebelumnya dalam hidup saya," kata Suitor seperti dilansir BBC.

5. Olimpiade Moskow 1980


Olimpiade ini diboykot oleh Amerika Serikat (AS). Kala itu, AS sedang berberang dingin dengan Uni Soviet (sekarang Rusia). Boykot itu membuat jumlah peserta jadi 80 orang.

Uni Soviet saat itu masih dikuasai rezim komunis. Tak heran, lambang palu arit pun terpampang jelas di upacara pembukaan tersebut.

Namun demikian, bukan hal itu yang jadi pusat perhatian. Ya, para penari yang berjumlah ratusan orang berhasil membentuk formasi seperti menara. Ada sembilan menara yang berhasil dibentuk. Lima menara yang berada di tengah melambangkan lim cincin Olimpiade.

0 komentar: