31 Agustus 2016

Jembatan Dari Kaca dan 8 Jembatan Spektakuler di Dunia yang Super Keren



BeritaDetik24 - Dengan semakin majunya peradaban manusia mengharuskan manusia harus lebih inovatif dalam kehidupan. Termasuk dalam segi infrastruktur penyebarangan, yaitu jembatan. Tidak heran lagi jembatan - jembatan di dunia semakin inovatif dan keren.

Tidak seperti di Indonesia dimana jembatan tidak mendapat perhatian yang lebih khusus, seperti hal nya negara - negara lain yang malah berlomba untuk membuat jembatan - jembatan spektakular. Mari langsung saja cek artikelnya.

1. Zhangjiajie Grand Canyon Glass Bridge (China)


Jembatan Zhangjiajie Grand Canyon Glass Bridge dibuat oleh Perusahaan Haim Dotan Architects. Jembatan ini dibuat dengan kaca sebagai lantainya. Membentang sejauh 2 bukit dan memiliki ketinggian sekitar 300 meter.(China)

2. Garden Bridge (London)


Jembatan ini dirancang oleh Thomas Heatherwick. Jembatan Garden Bridge baru akan selesai pada tahun 2018, walaupun begitu jembatan ini sudah menarik perhatian dunia karena desainnya yang menakjubkan dan terinspirasi dari Titanic.

3. Danjiang Bridge (Taiwan)


Jembatan Danjiang Bridge buatan Perusahaan Zaha Hadid Architects ini, dibuat untuk mengenang sang pemimpin perusahaan yaitu almarhum Zaha Hadid. Jembatan ini memiliki visual yang elegan, desain yang halus, dan sangat berpadu pada sunset di Taipei.

4. Lucky Knot Bridge (China)


Jembatan buatan NEXT Architects ini, memiliki desain yang tidak biasa. Nama dan bentuk jembatan ini mengacu pada seni dekoratif China, yang berhubungan dengan keberuntungan. Beruntungnya, jembatan Lucky Knot Bridge akan selesai pada akhir tahun 2016.

5. Sölvesborg Bridge (Swedia)


Jembatan dari Ljusarkitektur ini, adalah jembatan terpanjang di Eropa dengan panjang 2480 kaki. Uniknya jembatan Sölvesborg Bridge ditingkatkan oleh perusahaan pencahayaan bukan dari arsitek. Dan kerennya, jembatan ini dipasang lampu LED yang dapat berubah warna.

6. Helix Bridge (Singapura)


Selanjutnya adalah jembatan Helix Bridge dari Cox Architecture. Jembatan ini sudah ada sejak tahun 2010 dan merupakan jembatan terindah di Asia Tenggara. Struktur dari desain Double-Helix melambangkan kehidupan, pembaharuan, dan pertumbuhan.

7. Køge North Station (Denmark)


Nomor 7 ada jembatan buatan COBE. Jembatan Køge North Station akan baru selesai dibangun sekitar pertengahan tahun 2018. Jembatan ini merupakan hasil dari kolaborasi 3 perusahaan besar yaitu COBE Architects Dissing, Weitling, dan COWI.

8. Puente Laguna Garzon (Uruguay)


Jembatan karya Rafael Viñoly Architects ini merupakan jembatan terindah di Uruguay. Hal itu karena ada efek laguna dalam laguna di jembatan Puente Laguna Garzon ini.

9. Nine Elms Bridge (London)


Nomor 9 ada jembatan dari Bystrup. Berbeda dengan jembatan-jembatan yang lain, pembangunan jembatan ini penuh kontroversi. Salah satunya adalah pembangunan jembatan ini ditakutkan akan menghancurkan Pimlico Garends. Terlepas dari itu, jembatan Nine Elms Bridge termaksud dalam salah satu jembatan ramah lingkungan terbaik di dunia.

Nah itulah dia 9 jembatan spektakuler di dunia yang super keren, Semoga saja jembatan di Indonesia bisa masuk dalam list di atas. Silahkan corat-coret pendapat kalian di komentar.

0 komentar: