17 September 2016

PON 2016 Dibuka Malam Nanti, Dihadiri Jokowi dan Diramaikan 3 Ribu Penari


sicbo agen bola sbobet - Kota Bandung menjadi lokasi Upacara Pembukaan PON XIX dan Peparnas XV Jawa Barat 2016. Pada Sabtu 17 September 2016 hari ini akan berlangsung kegiatan opening ceremony di Stasion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Rencananya pembukaan akan berlangsung pada malam nanti pukul 20.00 WIB.

Pembukaan secara resmi dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo. Berbagai tampilan kesenian dan hiburan akan disuguhkan di hadapan 27 ribu tamu undangan. Kegiatan akan berlangsung selama dua jam.

"Pembukaan akan lekat dengan budaya Jawa Barat. Jabar memiliki tiga zona budaya, Sunda, Cirebon, dan Melayu Betawi," ucap Ketua Bidang Upacara PB PON 2016, Nunung Sobari saat ditemui di Gedung Sate, Sabtu (17/9/2016).

Nunung menyebut berbagai kegiatan telah disiapkan. Salah satunya berbagai tarian khas Jabar seperti Tari Merak dan Jaipong yang melibatkan tiga ribu penari baik tingkat mahasiswa, siswa SMP, SMA dan SD. Nanti suguhan seni dan tradisi menggambarkan kebudayaan yang berada di Jawa Barat.

Menurut Nunung, tari-tarian ditampilkan dengan durasi sekitar 40 menit oleh seluruh penari dari Jabar. Ketua Umum PB PON Jabar Ahmad Heryawan akan mengawali kegiatan acara dengan laporan penyelenggaraan.

"Bapak Presiden akan memberikan sambutan pembukaan tidak akan lebih dari 10 menit. Kalau Gubernur sekitar 5 sampai 6 menit saja," kata dia.

Acara inti pada pembukaan yakni defile kontingen dari 34 provinsi seluruh Indonesia. Mereka adalah para peserta PON Jabar. Lalu ada penyalaan api kalderon yang akan dilakukan oleh delapan orang atlet nasional berprestasi.

"Atlet legenda, kaya Susi Susanti, Ajat Sudrajat, Elsa Manora Nasution, Gugi Gustaman, Tontowi Ahmad, dan Lilyana Natsir. Nanti setelah dibawa oleh para legenda, nanti api diserahkan kepada Lala, nanti apinya dinyalakan oleh Lala," terangnya.

Lala adalah seorang karateka belia berusia 12 tahun dengan gelar juara dunia yang saat ini dipegang olehnya. Konsep sederhana namun berkesan mewah dan memukau akan disuguhkan kepada ribuan penonton.

"Sederhana dan merakyat. ini sesuai dengan permintaan langsung dari Presiden Jokowi," lanjutnya.

0 komentar: